Misa Krisma: Rabu, 8 April 2009

Fokus Hari ini

Apa itu misa Krisma?

Misa Krisma adalah Misa yang dirayakan Uskup bersama-sama imam-imam keuskupan sekali setahun pada hari Kamis (atau hari lain sebelumnya) dalam Pekan Suci sebagai ungkapan kesatuan para imam sekeuskupan dengan uskupnya dalam satu jabatan imamat. Dalam misa ini para imam membarui janji imamat di hadapan Uskup; dalam misa ini diberkati minyak-minyak kudus yang digunakam dalam pelayanan sakramen atau sakramentali, yakni minyak krisma, minyak orang sakit, dan minyak katekumen. Umat sangat dianjurkan mengikuti misa ini untuk mengungkapkan kesatuannya dengan para imam dan menyaksikan pemberkatan minyak-minyak kudus yang digunakan dalam pelayanan bagi mereka[i].

Jejak Peziarah

Romo Putranto di Senen

Romo Putranto di Senen

Misa Krisma tahun ini agak unik. Alasannya, pertama, misa Krisma kali ini tidak dirayakan pada hari Kamis, tetapi pada hari Rabu. Sebab utamanya adalah hari Kamis dalam Pekan Suci tahun ini bertepatan dengan pelaksanaan Pemilu. Inilah wujud nyata kesatuan Gereja (Jakarta) dengan segenap rakyat dan bangsa ini. Sebab lainnya adalah, dan ini lebih merupakan alasan pribadi, untuk pertama kalinya aku berjalan kaki dari tempat tinggalku di Cempaka Putih ke Katedral. Seperti sabda Yesus, aku berjalan berdua dengan romo Hardijantan. Selama lebih kurang, satu setengah jam perjalanan, kami  tidak saja dapt melihat dari dekat tetapi menyatu dengan orang-orang yang sibuk bergerak ke tempat kerja masing-masing. Kami hirup asap hitam yang keluar dari knalpot Metromini; kami temukan betapa jalan-jalan raya di Ibu Kota tidak ramah terhadap pejalan kaki, karena minimnya ruas trotoar yang dapat dilewati; belum lagi kawat-kawat duri yang kami temui sepanjang trotoar di daerah Senen yang tujuannya melindungi tanaman tetapi dapat saja melukai manusia yang berjalan. Meski demikian, kami lalui itu semua dengan hati penuh suka dan bibir penuh senyum. Pastor banget deh!

Perayaan ekaristi nan meriah dan kotbah penuh makna

Koor Mia Patria asuhan Komlit KAJ

Koor Mia Patria asuhan Komlit KAJ

Perayaan misa Krisma itu sendiri begitu meriah; dihadiri ratusan imam sekeuskupan; diiringi oleh paduan suara Mia Patria di bawah bimbingan mas Putut atas nama Komlit KAJ; dan umat yang hadir juga membludak sampai keluar gereja Katedral. Salah satu hal yang aku tunggu dari misa ini adalah teologi tentang imam yang biasanya diselipkan dalam kotbah Bapak Uskup. Dalam kotbahnya, Bapak Uskup menempatkan karunia tahbisan imamat dalam hubungannya dengan karunia baptisan dan krisma yang diterima umat. Semua karunia ini memberikan daya ilahi dalam diri umat dan imam untuk mengarahkan hidup mereka kepada Tuhan dan sesama. Rahmat tahbisan, mengutip pidato Bapak Paus Benediktus XVI, pertama-tama adalah suatu rahmat kehidupan dengan penghayatan yang khas, dan bukan rahamat untuk berkuasa yang mengandalkan dan mencari fasilitas. Kepada umat, yang sudah menerima rahmat baptisan, Bapak Uskup menyampaikan terima kasihnya, karena sudah mau menyisihkan waktu mereka yang sudah sedikit untuk terlibat di dalam kehidupan menggereja demi sesama saudara seiman. Ketika hal ini diucapkan, aku teringat para ketua lingkungan, para ketua seksi, khususnya kepemudaan dan liturgi Kalvari……oh nostalgia. Sudah, sudah!

Presbiterium: persaudaraan dalam imamat

Romo Wiryo menerima ucapan selamat dari umat sambil ngedaghel

Romo Wiryo menerima ucapan selamat dari umat sambil ngedaghel

Seusai misa, umat yang hadir diberi kesempatan mengucapkan selamat kepada Bapak Uskup dan para imam atas pembaruan janji imamat mereka. Umat sudah mengantri untuk menyalami imam-imamnya. Dan para imam sendiri juga saling memberikan selamat. Tentu sambil menikmati brunch (breakfast and lunch) dan berhahahihi. Seorang pastor praja KAJ, romo Bambang Wiryo berkelakar ketika disalami umat di depan Wisma Keuskupan: selamat juga kepada umat. Saya masih imam, tapi apakah Anda masih Katolik? Dasar!


[i] Mariyanto, Ernest, Kamus liturgi sederhana, Kanisius, Jakarta, 2004, 134

Published in: on 10 April 2009 at 5:55 pm  Leave a Comment  

The URI to TrackBack this entry is: https://putrantotri.wordpress.com/2009/04/10/misa-krisma-rabu-8-april-2009/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: